Cara Perawatan Gorden di Jamin Awet!!


12 November 2017

Kain penghalau sinar gorden juga penting untuk dijaga kebersihannya. Debu yang menempel terlalu lama bisa merusak warna kain gorden dan bisa menjadi sarang kuman dan debu. Salah ketika merawat gorden juga dapat membuat kualitas kain penutup jendela menjadi tidak terawat dan cepat rusak. Agar gorden menjadi lebih indah dan tetap sebagai fungsinya menjaga privasi. Berikut  cara mudah merawat gorden  yang dapat Anda lakukan di rumah tercinta.

1. Perawatan Berkala

Hal yang harus diperhatikan ketika merawat gorden adalah menjaga agar warna tak cepat pudar dan kain tak cepat rusak,. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya pencucian gorden tak dilakukan terlalu sering. Anda dapat melakukan pencucian gorden 3-6 bulan sekali. Bergantung pada jenis kain gorden dan ruangan yang ditempati.

Untuk merawat gorden secara berkala, Anda dapat membersihkan menggunakan vacuum cleaner. Penyedotan debu pada gorden dapat dilakukan 1 minggu sekali untuk menghindari kotoran yamg menumpuk.

2. Cek Jenis Kain Gorden

Ketika ingin merawat gorden, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis bahan dari gorden itusendiri. Ada dua jenis kain gorden yang kerap digunakan, beludru dan chenille. Saat mencuci beluduru, Anda mesti hati-hati, jangan sampai bulu beludru jadi mudah rontok. Hindari memeras dengan dengan memelintir kain. Sedangkan untuk jenis chenille, gunakan system dry cleaning agar kain tak mudah menciut. Sebab kain jenis ini saat terkena air akan mengalami penyusutan.

3. Mencuci Vitrase

Warna putih vitrase pada gorden membuatnya cepat kotor, maka pencucian harus rutin dilakukan. Tujuannya agar warna putih pada gorden tidak mudah menjadi kusam dan berwarna kecokelatan. Bila vitrase menggunakan renda dan pola bordir, sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan. Hindari menggunakan sikat dan mesin cuci agar serabut renda tidak cepat rusak.

4. Cara Jemur

Merawat gorden harus memperhatikan beberapa jenis kain yang rentan pudar warnanya apabila terkena cahaya matahari secara langsung. Jadi sebaiknya kain diletakan pada area jemur beratap. Sehingga cahaya matahari bisa difilter. Jangan lupa, hindari melipat kain gorden saat menjemur agar tak muncul liptan saat gorden terpasang. Gantungkan gorden basah seperti posisi ketika dipasang di jendela. Selamat mencoba.

Cara mudah merawat gorden  dapat Anda lakukan di rumah. Tapi Anda jangan lupa, untuk memiliki gorden dan vitrase minimal 2 buah. Tujuannya, saat salah satu gorden kotor dan dicuci, privasi tetap terjaga dengan gorden cadangan yang Anda pasang sebagai penggantinya.

Semoga infonya bermanfaat untuk para sahabat gorden di Semarang, Ambarawa, Salatiga, Ungaran, dan sekitarnya :)



Baca juga
  » 20 November 2017
Ayo Buat Peralatan Dapur Anda BERSIH & KEMBALI CANTIK !!!
peralatan dapur yang bersih merupakan salah satu penunjang kualitas kesehatan

  » 19 November 2017
Tips Pemeliharaan Kitchen Set
Kitchen Set memang membutuhkan perawatan yang optimal supaya lebih awet & selalu tampak baru & elegan

  » 18 November 2017
Hal yang Perlu diperhatikan dalam mendesain ruang tamu
yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang tamu adalah pemilihan disain meja, kursi/ sofa, warna perabot, ornamen, dan warna dinding

  » 17 November 2017
Tips & Trik Cara Mencuci Gorden
Tidak semua gorden dapat dicuci dengan mesin cuci. Jadi kami memberian beberapa tips untuk mencuci gorden dengan benar

  » 16 November 2017
Trik Memasang Kabel Listrik pada Penahan Kabel Stopkontak
Trik Memasang Kabel Listrik pada Penahan Kabel Stopkontak

  » 15 November 2017
Trik Memasang Isi Kabel Serabut pada Terminal
Trik Memasang Isi Kabel Serabut pada Terminal